Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA WANITA KARIER DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH DI TINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi di Desa Baturijal Barat Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu)

YONGKI ARISANDI, - (2020) UPAYA WANITA KARIER DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH DI TINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi di Desa Baturijal Barat Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
YONGKI.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi bahwasannya Islam sangat menganjurkan perempuan untuk menjaga rumah tangganya, disebabkan adanya batasan ruang gerak perempuan yang apabila dilakukan di luar rumah dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan dan juga akan menambah tugas dan perannya sebagai ibu rumah tangga. Namun, Islam juga tidak melarang wanita untuk bekerja. Wanita boleh bekerja, jika memenuhi syarat-syaratnya dan tidak mengandung hal-hal yang dilarang oleh syariat. Terbukti di Desa Baturijal Barat Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu wanita bekerja. Namun demikian, rumah tangganya tetap aman, utuh dan baik-baik saja hingga saat ini dan tidak jauh berbeda dengan orang yang istrinya tetap dirumah walaupun sibuk bekerja. Kemudian yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya wanita karier dalam mewujudkan keluarga sakinah di Desa Baturijal Barat Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu? Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap upaya wanita karier di Desa Baturijal Barat Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu dalam mewujudkan keluarga sakinah? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya wanita karier dalam mewujudkan keluarga sakinah di Desa Baturijal Barat Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri hulu, kemudian ditinjau berdasarkan hukum Islam. Penelitian ini menggunakan studi lapangan (field research) dengan sumber data yaitu data primer, data sekunder dan data tersier dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan studi pustaka. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan menggunakan analisa data kualitatif serta menggunakan metode penulisan deduktif, induktif dan deskriptif. Hasil analisis penelitian ini adalah upaya yang dilakukan wanita karier dalam mewujudkan keluarga sakinah di Desa Baturijal Barat adalah saling menjaga kepercayaan dan berdamai, memupuk rasa cinta dan kasih sayang serta membuat sikap romantisme dalam rumah tangga, menerapkan nilai-nilai keagamaan, saling pengertian dan setia, saling terbuka, memahami, dan menghargai, melaksanakan kewajiban sebagai pengelola urusan rumah tangga, introspeksi diri, dan memberikan yang terbaik untuk keluarga, dan apabila di tinjau berdasarkan hukum Islam tentang upaya yang dilakukan oleh wanita karier dalam mewujudkan keluarga sakinah di Desa Baturijal Barat tersebut sudah memenuhi kriteria-kriteria dan unsur-unsur terbentuknya keluarga sakinah. Akan tetapi, ada beberapa wanita karier yang masih kurang optimal dalam mewujudkan keluarga sakinah atau masih kurang sesuai dengan konsep Hukum Islam, karena belum menerapkan kehidupan rumah tangga yang penuh dengan kegiatan ibadah. .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jun 2020 04:40
Last Modified: 29 Jun 2020 04:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27721

Actions (login required)

View Item View Item