Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS LIMBAH PASAR DENGAN DOSIS DAN DEKOMPOSER YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.)

Illiyas, - (2020) PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS LIMBAH PASAR DENGAN DOSIS DAN DEKOMPOSER YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNG KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS LIMBAH PASAR DENGAN DOSIS, DEKOMPOSER BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.) Illiyas (11482104195) Di bawah bimbingan Novita Hera dan Irwan Taslapratama INTISARI Mentimun merupakan tanaman holtikultura yang banyak dibudidayakan oleh petani indonesia. Agar kebutuhan hara tanaman terpenuhi maka diperlukannya pemupukan baik pupuk organik maupun anorganik. Penggunaan pupuk kompos limbah pasar pada tanaman dapat menekan penggunaaan pupuk anorganik dan dapat memperbaiki lingkungan. Tujuan penelitian yaitu mendapatkan jenis dekomposer yang terbaik dalam pengomposan limbah organik pasar, mendapatkan dosis kompos limbah pasar yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun dan mengetahui interaksi pemberian dosis pupuk kompos limbah pasar yang berbeda terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2018 – April 2019 di Lahan Percobaan dan Laboratorium Agronomi dan Agrostologi Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dua faktor. Faktor pertama adalah pupuk kompos limbah pasar dengan dosis (0, 5, 10, 15 ton/ha) dan faktor kedua adalah jenis dekomposer (EM4, MOL bonggol pisang dan MOL nasi basi). Parameter yang diamati yaitu panjang tanaman, jumlah daun, umur muncul bunga, jumlah buah pertanaman, bobot buah pertanaman, panjang buah, diameter buah, bobot basah tanaman dan bobot kerinng tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian dosis pupuk kompos limbah pasar dan jenis dekomposer tidak memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun, serta tidak terdapat interaksi perlakuan dosis pupuk kompos limbah pasar dan jenis dekomposer terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun. Kata kunci : mentimun, pupuk kompos limbah pasar, dekomposer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 30 Jun 2020 04:12
Last Modified: 30 Jun 2020 04:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27717

Actions (login required)

View Item View Item