Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PEKANBARU

Al-Kindi Robbani, - (2019) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNG KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)

Abstract

ABSTRAK Al-Kindi Robbani, (2020): Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Aktivitas Siswa dalam Proses Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kesiapan belajar terhadap aktivitas siswa dalam proses pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian exposfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020 yang belajar mata pelajaran ekonomi yaitu terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 108 siswa alas an penulis memilih kelas X IPS karena Kelas XII tidak boleh melakukan penelitian sedangkan kelas XI materinya kurang sesuai dengan indikator yang penulis terapkan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan randomsampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu kesiapan belajar sebagai variabel bebas dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sebagai variabel terikat. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket dan dokumentasi.Untuk melihat hasil penelitian ini digunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan Microsoft Excel 2010 untuk uji R Square.hasil uji t yang menunjukkan bahwa thitung> ttabel baik taraf signifikan 5% maupun 1% (1,989<6,960>2,636) sehingga keputusan hasil uji hipotesis Hₐ diterima dan Ho ditolak. Serta berdasarkan perhitungan skor Koefisien Determinasi (KD) diperoleh angka sebesar 36,9% yang menunjukkan terdapat kontribusi pengaruh sebesar 36,9% antara kesiapan belajar terhadap aktivitas siswa dalam proses pembelajaran ekonomi di SMAN 8 Pekanbaru. Kata Kunci: Kesiapan Belajar, Aktivitas Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Jul 2020 02:36
Last Modified: 01 Jul 2020 02:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27716

Actions (login required)

View Item View Item