Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SYAYB PERSPEKTIF AL-QUR'AN DAN SAINS

SRI RAHMA YANI, - (2020) SYAYB PERSPEKTIF AL-QUR'AN DAN SAINS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
Hasil Penelitian.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas Syayb Perspektif al-Qur’an dan Sains. Syayb merupakan rambut yang berwarna putih di atas kepala, baik sedikit maupun banyak. Menurut Ilmu Sains, syayb merupakan proses biologis yang timbul terkait dengan usia dan kemampuan tubuh untuk memproduksi melanin yang berasal dari sel melanosit. Syayb dijelaskan dalam al-Qur’an sebagai isyarat biologis yang menunjukkan bahwa seseorang telah tua, sekaligus isyarat teologis bahwa seseorang akan segera dikembalikan kepada Rabbnya. Dalam skripsi ini mengkaji syayb dalam pandangan mufassir dan keistimewaan syayb dalam al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi tematik (maudhu’i). Data-data yang terkait dengan studi ini dikumpulkan melalui pendekatan tafsir ‘ilmi. Penelitian ini disajikan dengan teknis analisis yaitu dengan menjelaskan ayat yang berkaitan dengan syayb, dengan merujuk pada al-Qur’an dan tafsir sebagai data primer, serta buku-buku literatur yang berkaitan sebagai data sekunder. Penyebutan syayb dalam al-Qur’an terdapat dalam 3 surah yaitu surah Maryam [19] ayat 4 dengan lafaz syaybâ yang berarti, isyarat tunduk, hina, menampakkan kelemahan, takut tidak mendapat apa yang dipinta, dan tidak sampai apa yang diharapkan. Lalu surah al-Rûm [30] ayat 54 dengan lafaz syaybah yang digunakan untuk menunjukkan tentang ciptaan Allah. Selanjutnya surah al-Muzzammil [73] ayat 17 dengan lafaz syîbâ menunjukkan syayb yang timbul karena rasa genting. Adapun keistimewaan syayb dalam al-Qur’an adalah sebagai pengingat kematian, menjadikan seseorang lagi tidak tamak terhadap dunia, cahaya pada hari kiamat, pemacu agar giat beramal, serta memancarkan sikap tabah dan wibawa. Kata Kunci : Syayb, al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 29 Jun 2020 04:21
Last Modified: 29 Jun 2020 04:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27712

Actions (login required)

View Item View Item