Nurmaulina, - (2020) Pengaruh Promosi terhadap Minat Nasabah pada Produk Mulia di PT. Pegadaian UPS Paus Ujung Menurut Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (582kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurmaulina, (2020): Pengaruh Promosi terhadap Minat Nasabah pada Produk Mulia di PT. Pegadaian UPS Paus Ujung Menurut Ekonomi Syariah Pesatnya perkembangan lembaga keuangan bank dan non-bank serta semakin ketat persaingan bisnis yang harus dihadapi oleh perusahaan dan fenomena lonjakan harga emas akhir-akhir ini, menjadikan produk MULIA yang ditawarkan oleh Perum Pegadaian Syariah menjadi berkembang sangat pesat. Perusahaan dituntut untuk memenangkan persaingan dengan cara mendapatkan nasabah sebanyak-banyaknya serta mempertahankan pelanggan yang sudah dimiliki. Salah satu cara untuk menarik minat nasabah dalam membeli produk adalah promosi. Promosi yang baik dan menarik akan mempengaruhi minat nasabah untuk membeli produk tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh promosi terhadap minat nasabah pada produk Mulia di Pegadaian Syariah UPS Paus Ujung dan Bagaimana tinjauan ekonomi syariah tentang pengaruh promosi terhadap minat nasabah pada produk Mulia di PT Pegadaian UPS Paus Ujung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini berasal dari data sekunder dan primer. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 82 orang yaitu nasabah Mulia Pegadaian Syariah dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, , kuesioner, studi kepustakaan dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji linier sederhana. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y= 20,683 + 0,581X, dapat disimpulkan bahwa promosi memiliki pengaruh positif terhadap minat nasabah pada produk Mulia di PT Pegadaian UPS Paus Ujung. Hasil uji t menunjukkan prmosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah pada produk Mulia di PT Pegadaian UPS Paus Ujung. Hal ini dibuktikan dengan diketahui thitung sebesar(3,88) > ttabel (1,66) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima, diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi terhadap minat nasabah. Nilai koefisien determinasi model adalah 0,398. Artinya adalah bahwa sumbangan pengaruh variabel independen (promosi) terhadap variabel dependen (minat) adalah 39,8%, sedangkan sisanya sebesar 60,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Tinjauan ekonomi islam tentang promosi sesuai dengan prinsip syariah karena promosi yang dilakukan menerapkan nilai-nilai moralitas. Kata Kunci : Promosi, Minat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 05:26 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 05:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27711 |
Actions (login required)
View Item |