Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektivitas Promosi Melalui Sales Promotion Girl (SPG) pada Konsumen Rokok PT. Gudang Garam Pekanbaru dalam Meningkatkan Penjualan Rokok Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah

TIKA OKTARI, - (2019) Efektivitas Promosi Melalui Sales Promotion Girl (SPG) pada Konsumen Rokok PT. Gudang Garam Pekanbaru dalam Meningkatkan Penjualan Rokok Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TIKA OKTARI.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Tika Oktari (2019): Efektivitas Promosi Melalui Sales Promotion Girl (SPG) pada Konsumen Rokok PT. Gudang Garam Pekanbaru dalam Meningkatkan Penjualan Rokok Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah Penelitian ini membahas tentang efektivitas promosi melalui Sales Promotion Girl dalam meningkatkan penjualan rokok di PT. Gudang Garam Pekanbaru, dengan latar belakang masalah yakni naik turunnya volume penjualan rokok pada periode September 2018 – September 2019 yang mengakibatkan penjualan kurang maksimal, sehingga target yang telah ditetapkan belum mampu tercapai. Penelitian ini bertujuan mengetahui dua hal. Pertama adalah mengetahui bagaimana efektivitas promosi melalui Sales Promotion Girl (SPG) pada konsumen PT. Gudang Garam Pekanbaru dalam meningkatkan penjualan rokok . Kedua menjelaskan bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah mengenai efektivitas promosi melalui Sales Promotion Girl (SPG). Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 600 orang konsumen dan sampel sebanyak 86 orang konsumen. Sedangkan sumber data berdasarkan dari data primer dan sekunder dan pengambilan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumen. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji t, uji koefisien determinasi (R2), dan uji korelasi (r). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan uji regresi sederhana didapat hasil Y = 13,101 + 0,703X + e. yang menunjukkan bahwa terdapat pengasuh yang positif dan signifikan antara promosi terhadap SPG variabel penjualan pada PT Gudang Garam Pekanbaru. Hal ini dibuktikan dengan uji t yang menghasilkan terhitung sebesar 10,8067 > dibandngkan dengan nilai T tabel sebesar 1,98861 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < dari nilai probabilitas sebesar 0,05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 0,582 yang artinya bahwa kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 58,2% sedangkan sisanya 41,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Untuk uji korelasi sebesar 0,763 yang artinya pengaruh antara promosi terhadap peningkatan penjualan adalah kuat. Untuk nilai korelasi sebesar R = 0,763 yang artinya bahwa pengaruh promosi terhadap ini kuat. Dalam prakteknya efektivitas promosi melalui Sales Promotion Girl pada konsumen PT. Gudang Garam Pekanbaru telah menerapkan prinsip ekonomi Islam yakni kejujuran, melayani sepenuh hati, memenuhi janji, dan tidak melakukan monopoli perdagangan produk rokok. Namun, terkait dengan prinsip tolong-menolong belum sesuai dengan ekonomi Islam karena perusahaan hanya menetapkan sistem profit oriented (mencari keuntungan). Wanita sebagai pekerja promosi dalam Islam tidak diperbolehkan, karena cenderung membuka aurat dan tidak sesuai dengan syariat Islam. Keyword: Promosi, Sales Promotion Girl, Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jun 2020 03:16
Last Modified: 29 Jun 2020 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27702

Actions (login required)

View Item View Item