Rozita Muliani (2012) Komparatif Model Pembelajaran Kontekstual Dan Reciprocal Teaching Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.
|
Text
2013_2013294PMT.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan motivasi belajar matematika siswa antara penggunaan model pembelajaran kontekstual dan reciprocal teaching. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada perbedaan motivasi belajar matematika siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching pada siswa kelas VIII MTs Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang Kabupaten Kampar ”. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII Mts Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang Kabupaten Kampar tahun pelajaran 20122013. Peneliti menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 siswa, dengan rincian 18 siswa pada kelas pembelajaran kontekstual dan 20 siswa pada kelas reciprocal teaching. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket motivasi belajar. Uji prasyarat meliputi uji homogenitas variansi populasi menggunakan Uji F dan uji normalitas populasi menggunakan metode Lilliefors dengan α = 0,05, diperoleh simpulan bahwa sampel berasal dari variansi yang homogen dan mempunyai populasi yang berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis data parametrik menggunakan t-test independent dapat diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi belajar matematika siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan yang mengikuti pembelajaran dengan Reciprocal Teaching. Ini terlihat setelah dilakukan analisis didapat nilai t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu pada taraf signifikan 5% ,yaitu (thitung -0.17 < ttabel 2.021), ini menunjukkan tidak adanya perbedaan motivasi belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh simpulan bahwa Tidak terdapat perbedaan motivasi belajar matematika siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kontekstual dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran reciprocal teaching.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 26 Feb 2016 08:05 |
Last Modified: | 26 Feb 2016 08:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2770 |
Actions (login required)
View Item |