Kompetensi Guru Dalam Menggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Mata Pelajaran AlQur’an Hadits Di MTs Se- Kecamatan Tampan Pekanbaru

SERI ERLINA (2017) Kompetensi Guru Dalam Menggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Mata Pelajaran AlQur’an Hadits Di MTs Se- Kecamatan Tampan Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 2017241PAI-S2COVER.pdf

Download (264kB)
[img] Text
2. 2017241PAI-S2SCAN PENGESAHAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text
3. 2017241PAI-S2Abstrak.pdf

Download (316kB)
[img] Text
4. 2017241PAI-S2KATA PENGANTAR.pdf

Download (262kB)
[img] Text
5. 2017241PAI-S2DAFTAR IS1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
6. 2017241PAI-S2BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
7. 2017241PAI-S2BAB II.pdf

Download (425kB)
[img] Text
8. 2017241PAI-S2BAB III.pdf

Download (292kB)
[img] Text
9. 2017241PAI-S2BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)
[img] Text
10. 2017241PAI-S2BAB V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
11. 2017241PAI-S2DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi untuk meningkatkan minat dan perhatian siswa dalam belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits maka guru harus menggunakan media pembelajaran. Adapun media pembelajaran yang dapat meningkatkan perhatian dan minat siswa adalah media pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT )Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi Guru dalam Menggunakan Media ICT Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs Se- Kecamatan Tampan Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Informan penelitian adalah guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang menggunakan media pembelajaran ICT berjumlah enam orang. Metode pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif dengan cara Data Reduction (Reduksi Data ); Data Display (penyajian data ); dan Conclusion Drawing/ verification. Adapun kompetensi guru yang diperoleh dari hasil penelitian adalah sebagai berikut; 1) Memperhatikan keadaan siswa di kelas sebelum menerapkan media pembelajaran ICT; 2)Menganalisis tingkat kemampuan, minat, dan kondisi siswa untuk menyesuaikan dalam penggunaan media pembelajaran ICT; 3)Merumuskan tujuan pembelajaran untuk disesuaikan dengan media pembelajaran ICT; 4) Merumuskan hasil belajar yang diinginkan melalui penggunaan media pembelajaran ICT; 5)Memilih media pembelajaran ICT sesuai dengan materi pembelajaran; 6)Mencari dan mengkaji media pembelajaran ICT yang akan digunakan; 7)Menetapkan atau adaptasi terhadap media pembelajaran ICT yang akan digunakan; 8)Merancang media pembelajaran ICT; 9)Menentukan bentuk dan isi media pembelajaran ICT sesuai materi pembelajaran; 10)Mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan; 11)Menjelaskan alur ide yang terdapat di dalam media pembelajaran ICT; 12 )Mengimplementasikan media pembelajaran ICT dalam proses pembelajaran; 13)Meminta tanggapan terhadap isi materi dengan menggunakan media pembelajaran ICT; 14)Memberikan beberapa pertanyaan tentang materi yang disampaikan dengan media pembelajaran ICT; 15)Melakukan evaluasi formatif terhadap isi materi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran ICT dan 16) Mengevaluasi hasil dari penggunaan media pembelajaran ICT kemudian melakukan perbaikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 25 Jun 2020 05:17
Last Modified: 25 Jun 2020 05:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27690

Actions (login required)

View Item View Item