Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Teknik Lingkaran Kecil Lingkaran Besar (Inside-Outside Circle) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 35 Pekanbaru

Yayan Hayatuningsih (2012) Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Teknik Lingkaran Kecil Lingkaran Besar (Inside-Outside Circle) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 35 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013291PMT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adaatautidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang menggunakanpembelajaran kooperatif teknik lingkaran kecil lingkaran besar (inside-outside circle) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 35 Pekanbaru.Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif teknik lingkaran kecil lingkaran besar (inside-outside circle) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 35 Pekanbaru” ? Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasVIII SMPN 35 Pekanbaru yang berjumlah 152 orang dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 yang berjumlah 39 orang (sebagai kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII.2 yang berjumlah 37 orang (sebagai kelas kontrol). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dantes yang samakepadakeduakelas. Tes yang sama bertujuan untuk mengetahui perbedaanpemahaman konsepmatematika siswa. Penulis menggunakan tes”t” untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwapemahamankonsepmatematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif teknik lingkaran kecil lingkaran besar (inside-outside circle)lebihbaikdaripadapembelajarankonvensional.Ini terlihat dari mean ketuntasan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajarankooperatif teknik lingkaran kecil lingkaran besar (inside-outside circle) sebesar 67,692 lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 57,466. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang menggunakan pembelajarankooperatif teknik lingkaran kecil lingkaran besar (inside-outside circle) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional padasiswa kelas VIII SMPN 35Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 08:00
Last Modified: 26 Feb 2016 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2769

Actions (login required)

View Item View Item