Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UJI KONSENTRASI EKSTRAK DAUN SERAI WANGI (Cymbopogon nardus L. Randle) TERHADAP Colletotrichum capsici SECARA In Vitro

ISMAIL, - (2020) UJI KONSENTRASI EKSTRAK DAUN SERAI WANGI (Cymbopogon nardus L. Randle) TERHADAP Colletotrichum capsici SECARA In Vitro. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
SKRIPSI ISMAIL UPLOAD.pdf

Download (6MB)

Abstract

Serai wangi merupakan tanaman yang potensial untuk dikembangkan sebagai biopestisida, sehingga perlu diuji terhadap berbagai fitopatogen, salah satunya adalah C. capsici. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan konsentrasi ekstrak daun serai wangi yang paling efektif dalam menekan pertumbuhan C. capsici secara In Vitro. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Patologi, Entomologi, Mikrobiologi dan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian dilaksanakan Bulan juli sampai dengan Agustus 2019. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 5 ulangan hingga terdapat 30 unit percobaan. konsentrasi yang diuji yaitu 0%, 1%, 2%, 3%, 4%, dan 5%. Selanjutnya dilakukan analisis ragam dan dilanjutkan dengan DMRT 5%. Hasil penelitian menunjukkan pemberian estrak daun serai wangi berpengaruh nyata terhadap laju Pertumbuhan, hambatan pertumbuhan, efektivitas terhadap berat basah dan berat kering koloni jamur C. capsici. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsentrasi 5% paling efektif dalam menekan laju pertumbuhan koloni jamur C. capsici sebesar 0,38 cm, hambatan pertumbuhan koloni jamur C. capsici sebesar 5,94 cm, efektivitas terhadap berat basah koloni jamur C. capsici sebesar 56,69 % dan efektivitas terhadap berat kering koloni C. capsici sebasar 69,72 %. Kata Kunci: Colletotrichum capsici, Ekstrak, Serai Wangi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 26 Jun 2020 01:54
Last Modified: 26 Jun 2020 01:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27683

Actions (login required)

View Item View Item