Pengaruh PenerapanPendekatan Open-Ended dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Coop terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs Nurul Hidayah Sungai Salak Kabupaten Indragiri Hilir

Ruzi Rahmawati, (2012) Pengaruh PenerapanPendekatan Open-Ended dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Coop terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs Nurul Hidayah Sungai Salak Kabupaten Indragiri Hilir. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013290PMT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidakperbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan open ended dengan pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan open ended dengan pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah posttest-only design with nonequivalent group.Dalam penelitian ini guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan peneliti sebagai observer. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan open ended dengan pembelajaran kooperatif tipeco-op co-opdan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Hidayah Sungai Salak tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 76 siswa.Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-2 dan VIII-3, di mana kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan pendekatan open ended dengan pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan menerapkan pendekatan open ended dengan pembelajaran kooperatif tipeco-op co-op dan satu kali mengadakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dilakukan uji t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan open ended dengan pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan dan dilihatdari mean kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol menunjukkan bahwa penerapan pendekatan open ended dengan pembelajaran kooperatif tipeco-op coop memberikan pengaruh positif kepada kemampuan pemecahan masalah matematikasiswa kelas VIII MTs Nurul Hidayah Sungai Salak Kabupaten Indragiri Hilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 07:53
Last Modified: 26 Feb 2016 07:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2768

Actions (login required)

View Item View Item