PENGARUH METODE COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MTs ANSHOR AL-SUNNAH AIR TIRIS KABUPATEN KAMPAR

NURAINI, (2012) PENGARUH METODE COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MTs ANSHOR AL-SUNNAH AIR TIRIS KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013227PMT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Collaborative Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan untuk mengetahui besar pengaruh metode Collaborative Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa . Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh metode Collaborative Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ? Berapa besar pengaruh metode Collaborative Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa? Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Anshor Al-Sunnah Air Tiris Kabupaten Kampar yang berjumlah 104 orang dan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu pertemuan dilaksanakan sebelum tindakan, empat kali pertemuan dengan menggunakan metode Collaborative Learning satu pertemuan dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian dan untuk mengetahui besarnya peningkatan koefisien pengaruh (Kp) digunakan rumus tes-t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang signifikan antara siswa yang menggunakan metode Collaborative Learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa meningkat 27%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 07:37
Last Modified: 26 Feb 2016 07:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2764

Actions (login required)

View Item View Item