Comparative Study on the Effects of DEFENS and PENS Strategies on the Students’ Writing Ability of Descriptive text at SMPIT Al Ihsan Boarding School Kampar Regency

ADEY ANUGGRAH, - (2020) Comparative Study on the Effects of DEFENS and PENS Strategies on the Students’ Writing Ability of Descriptive text at SMPIT Al Ihsan Boarding School Kampar Regency. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
CHAPTER I - III & V.pdf - Published Version

Download (21MB)
[img] Text (CHAPTER IV)
CHAPTER IV .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Adey Anuggrah (2020) : “Studi Perbandingan antara Penggunaan Strategi DEFENDS dengan Strategi PENS terhadap Kemampuan Siswa Menulis di SMPIT Al Ihsan Boarding School” Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menemukan perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis siswa yang diajar menggunakan strategi DEFENDS dengan strategi PENS pada SMPIT Al Ihsan Boarding School. Berdasarkan dari pre observasi di SMPIT Al Ihsan Boarding School, di temukan bahwa siswa masih menemukan banyak kesulitan dalam menulis. Mereka sulit untuk menentukan topik tulisan dalam menggembang tulisan essay. Menentukan ide pokok, serta membandingkan subjek. Desain penelitian ini adalah quasi - ekperimen yang terfokus pada penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas tujuh di SMPIT Al Ihsan Boarding School. Dan objeknya adalah perbandingan kemampuan menulis mahasiswa antara penggunaan strategi DEFENDS dan PENS. Sample penelitian ini adalah 3 kelas; kelas eksperimen 1 terdiri dari (27 siswa), kelas eksperimen 2 terdiri dari (27 siswa) dan kelas kontrol terdiri dari (27 siswa). Totalnya 81 siswa dengan menggunakan sample klaster. Test dan observasi digunakan untuk medapatkan data dan untuk menganalisis data menggunakan perbandingan rata-rata dan t-test dengan menggunkan SPSS 20.0. hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan menulis mahasiswa dalam menggunakan strategi DEFENDS dengan PENS ditinjau dari perbedaan skor mean kelas eksperimen menggunakan independent t test, sedangkan perbedaan dapat terlihat lebih jelas apabila dilihat dari perhitungan eta square dan tabel klasifikasi cohen d. Perbandingan nilai rata – rata strategi DEFENDS adalah 78.18 dan nilai eta square adalah 89%. Nilai rata – rata strategi PENS adalah 75.92 dan nilai eta square adalah 77%. Percobaan hipotesis juga terlihat dari hasil akhir t-test 1.40, dengan nilai sig.(2-tailed) adalah 0.167. jika kita cobakan kepada null hipotesis (Ho) yang bernilai 0.05, ini membuktikan bahwa nilai sig.(2-tailed) lebih besar dari pada nilai Ho. Oleh sebab itu, null hipotesis diterima dan alternatig hipotesis tidak diterima jika dilihat dri perbandingan independen sample t test, sedangkan apabila dilihat perbandingan hasil eta square terlihat perbendangan yang cukup signifikan yaitu 89% untuk penggunaan strategi DEFENDS dan 77% untuk penggunaan strategi PENS. Terakhir, terlihat bahwa strategy DEFENDS lebih memeberikan ukuran efek lebih besar dibandingkan penggunaan strategi PENS.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pps -
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:48
Last Modified: 25 Jun 2020 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27623

Actions (login required)

View Item View Item