PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THREE STAY ONE STRAY (TSOS) DENGAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TARUNA MANDIRI PEKANBARU

SELVI WULANDARI, (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THREE STAY ONE STRAY (TSOS) DENGAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TARUNA MANDIRI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013202PMT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika pada materi pokok bentuk pangkat, akar dan logaritma antara siswa yang pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Three Stay One Stray (TSOS) dengan tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas X SMA Taruna Mandiri Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Taruna Mandiri Pekanbaru tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini adalah kelas X-1 sebagai kelas yang pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Three Stay One Stray (TSOS), dan kelas X-2 sebagai kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Three Stay One Stray (TSOS) dan Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan rumus test-t untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika pada materi pokok bentuk pangkat, akar, dan logaritma antara siswa yang pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Three Stay One Stray (TSOS) dengan Tipe Two Stay Two Stray (TSTS), dan diperoleh nilai t sebesar 2,86 dengan nilai signifikan 5 %sebesar 2,00 signifikan 1%sebesar 2,65(2,00 2,86 2,65) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Three Stay One Stray (TSOS) denganTwo Stay Two Stray (TSTS) pada pokok bahasan bentuk pangkat, akar dan logaritma di SMA Taruna Mandiri Pekanbaru, yaitu mean hasil belajar TSOS sebesar 70,95 dan mean hasil belajar TSTS sebesar 63,13.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 07:34
Last Modified: 26 Feb 2016 07:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2762

Actions (login required)

View Item View Item