Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif tipe the Power of Two terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 9 Tapung.

RHAPNA MAULIDA (2012) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif tipe the Power of Two terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 9 Tapung. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013200PMT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan berapa besar pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two terhadap hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two terhadap hasil belajar matematika siswa?” dan “Berapa besar pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe the power of two terhadap hasil belajar matematika siswa?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan desain PosttestOnly Desain with Nonequivalent Group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 9 Tapung, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIa sebagai kelas eksperimen dan VII c sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Dimana pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali, yaitu lima pertemuan dilaksanakan pembelajaran dengan penerapan strategi the power of two dan satu pertemuan untuk postes. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dan dianalisis menggunakan tes”t” diperoleh nilai thitung=3,237 dan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% sebesar 2,00 dan 2,65. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dan besarnya pengaruh yang telah dianalisis dengan uji KP, adalah 16,25%. Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe the power of two memberikan berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 9 Tapung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 07:25
Last Modified: 26 Feb 2016 07:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2759

Actions (login required)

View Item View Item