PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XII IPS SMAN 2 MERBAU KECAMATAN MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

JOHARI, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XII IPS SMAN 2 MERBAU KECAMATAN MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013118PMT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas XII IPS SMAN 2 Merbau. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas XII IPS SMAN 2 Merbau Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti?. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMAN 2 Merbau yang berjumlah 102 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas XII IPS.1 yang berjumlah 34 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XII IPS.2 yang berjumlah 34 orang (sebagai kelas kontrol). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Berdasarkan analisis dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger, berdasarkan perbandingkan thitung dengan ttabel dengan taraf signifikan 5% (2,25 > 1,697), dengan demikian hipotesis nihil yang menyatakan tidak terdapat pengaruh pada pemahaman konsep matematika siswa setelah digunakannya model pembelajaran Treffinger ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas XII IPS SMAN 2 Merbau setelah menggunakan model pembelajaran Treffinger dengan pengaruh sebesar 1 4%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 07:15
Last Modified: 26 Feb 2016 07:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2755

Actions (login required)

View Item View Item