ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN (PSAP) NO. 02 TENTANG LAPORAN REALISASI ANGGARAN PADA KANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN PROVINSI RIAU

PUTRI SUNDARY, - (2020) ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN (PSAP) NO. 02 TENTANG LAPORAN REALISASI ANGGARAN PADA KANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
TUGAS AKHIR PUTRI SUNDARY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN (PSAP) NO. 02 TENTANG LAPORAN REALISASI ANGGARAN PADA KANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN PROVINSI RIAU OLEH : PUTRI SUNDARY 01770423585 Pemerintahan memerlukan anggaran yang dapat dipergunakan untuk kegiatan pada waktu yang akan datang. Tercapainya realisasi atas anggaran dalam Kementerian/Lembaga merupakan hal yang penting diketahui oleh masyarakat saat ini karena masyarakat dapat menilai langsung kinerja dari lembaga pemerintahan negara dalam hal efisiensi dan efektivitas penggunaan anggarannya. Untuk mengetahui kenerja dan ketaatan terhadap penggunaan APBN/APBD, Kementerian/Lembaga wajib menyusun laporan keuangan atas bagian anggarannya yang dikenal dengan Laporan Realisasi Anggaran. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2019 di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Riau yang berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 249 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Laporan Realisasi Anggaran yang disusun oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Riau sudah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahanan (PSAP) Nomor 02 dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif yaitu suatu cara menganalisa dengan membandingkan data yang sudah ada dengan teori yang sudah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penggunaan anggaran pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Riau sudah terealisasi dengan baik dan Kanwil Perbendaharaan sangat memanfaatkan anggaran yang tersedia karena tidak ada realisasi anggaran yang melebihi dari yang dianggarkan dan penyajian Laporan Realisasi Anggaran yang disusun sudah sesuai dengan PSAP 02 dalam PP No.71 Tahun 2010. Kata Kunci : APBN, APBD, Standar Akuntansi Pemerintahan, Laporan Realisasi Anggaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi D3
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:29
Last Modified: 23 Jun 2020 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27535

Actions (login required)

View Item View Item