PENGARUH PAJAK, KEPEMILIKAN ASING, EXCHANGE RATE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSANTRANSFER PRICING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Priode 2015-2018)

Jihan Amir, - (2020) PENGARUH PAJAK, KEPEMILIKAN ASING, EXCHANGE RATE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSANTRANSFER PRICING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Priode 2015-2018). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sutan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PAJAK, KEPEMILIKAN ASING, EXCHANGE RATE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSANTRANSFER PRICING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Priode 2015-2018) OLEH : JIHAN AMIR Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak, kepemilikan asing, exchange rate, dan ukuran perusahaan terhadap keputusan transfer pricing. Pajak di ukur menggunakan ETR (effective tax rate), kepemilikan asing di ukur menggunakan persentase kepemilikan saham, exchange rate di ukur menggunakan laba rugi selisih kurs di bagi laba rugi sebelum pajak, ukuran perusahaan di ukur dengan menggunakan proksi Ln total asset.Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dianalisis dan diperoleh dari laporan keuangan atau laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan industry barang konsusmsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2018. Tehnik sampel adalah purposive sampling method, sampel yang terkumpul sebanyak 36. Analisis data dengan menggunakan regresi data panel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepemilikan asing dengan nilai signifikan 0.0049 berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing, namun nilai signifikan pajak 0.6108 , exchange rate 0.1020,dan ukuran perusahaan 0.3578 tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing dan berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) nilainya adalah 0,305501. Hal ini menunjuk kan bahwa pajak, kepemilik anasing, exchange rate, dan ukuran perusahaan mempunyai pengaruh sebesar 30,55% terhadap transfer pricing sisanya 69,45% di pengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci : Pajak, Kepemilikan Asing, Exchange Rate, Ukuran Perusahaan dan Transfer Pricing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:08
Last Modified: 24 Jun 2020 02:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27526

Actions (login required)

View Item View Item