PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC ( KOOPERATIVE INTEGRETED READING AND COMPOTISION )TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BENGKALIS

MHD.FAHMI, (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC ( KOOPERATIVE INTEGRETED READING AND COMPOTISION )TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201389PMT.pdf

Download (756kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelas yang menggunakan model kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integreted Reading and Composition) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bengkalis Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis, dan perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Dalam penelitian rumusan masalahnya “Apakah ada perbedaan antara kelas yang menggunakan Model Kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Bengkalis? dan Apakah ada perbedaan peningkatan antara kelas yang menggunakan model kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa? ”. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bengkalis yang berjumlah 114 orang dan sampel penelitian ini adalah kelas VIII.B yang berjumlah 23 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII.C yang berjumlah 23 orang (sebagai kelas kontrol). Berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara yang menggunakan model kooperatif tipe CIRC dan pembelajaran konvensional. Ini terlihat dari mean ketuntasan hasil belajar dengan model kooperatif tipe CIRC sebesar 83,30 lebih baik dari hasil belajar dengan pembelajaran konvensional sebesar 73,96, dan perbedaan peningkatan dapat dilihat dari uji tes t N-gain yaitu sebesar 4,07. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif bila menggunakan model kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 2 Bengkalis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 06:59
Last Modified: 26 Feb 2016 06:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2752

Actions (login required)

View Item View Item