Eka Kurniawati (2017) Desain Modul Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 2017225PAI-S3COVER.pdf Download (260kB) |
|
Text
2. 2017225PAI-S3PENGESAHAN.pdf Download (312kB) |
|
Text
3. 2017225PAI-S3ABSTRAK.pdf Download (316kB) |
|
Text
4. 2017225PAI-S3KATA PENGANTAR.pdf Download (281kB) |
|
Text
5. 2017225PAI-S3DAFTAR ISI.pdf Download (267kB) |
|
Text
6. 2017225PAI-S3BAB I.pdf Download (316kB) |
|
Text
7. 2017225PAI-S3BAB II.pdf Download (763kB) |
|
Text
8. 2017225PAI-S3BAB III.pdf Download (344kB) |
|
Text
9. 2017225PAI-S3BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
10. 2017225PAI-S3BAB 5.pdf Download (277kB) |
|
Text
11. 2017225PAI-S3DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (328kB) |
Abstract
Penyelenggaraan pendidikan agama Islam di perguruan tinggi dinilai oleh masyarakat Indonesia belum efektif. Hal ini dapat dilihat pada gejala-gejala yang ada diseputar penyelenggaraan mata kuliah pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi di Indonesia, dimulai dari internal kampus yaitu jumlah dosen pendidikan agama Islam yang sedikit tidak sesuai dengan jumlah mahasiswa yang besar dan dari eksternal kampus yaitu perbedaan karakter yang dibawa mahasiswa dari daerah asal masing-masing. Bahan ajar yang kurang memadai pada mata kuliah pendidikan agama Islam di perguruan tinggi, sehingga pembelajaran terasa kurang kondusip dan menuntut agar dosen mata kuliah pendidikan agama Islam membuat suatu media pembelajaran berupa modul mata kuliah pendidikan agama Islam, karena modul akan membantu dosen mata kuliah pendidikan agama Islam dan juga mahasiswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan desain modul pembelajaran pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi berbasis kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI ), dan manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan konktribusi bagi para tenaga pendidik (dosen) terkait dengan modul pembelajaran pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D ), berupa kajian rancangan, pengembangan produk pembelajaran yang melibatkan komponen secara tertentu saja, yaitu hanya pada fase hipotetik. Penelitian ini hanya sampai pada taraf Focus Group Discussion (FGD ) desain dan produk modul mata pembelajaran pendidikan agama Islam perguruan tinggi berbasis KKNI. Tahap pertama dilakukan studi pendahuluan, tahap kedua, melakukan perencanaan, ketiga pengembangan, tahap keempat study kelayakan modul, tahap kelima, dilakukan penyempurnaan desain modul. Hasil penelitian menunjukkan telah terciptanya sebuah modul pembelajaran mata kuliah pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi berbasis KKNI yang telah sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan modul baik dari segi komponen dan karakteristik modul, serta telah sesuai juga dengan teori-teori yang berkaitan dengan model-model praktis pengembangan komponen kurikulum.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 04:46 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 04:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27517 |
Actions (login required)
View Item |