PENDIDIKAN SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK MTs NEGERI PROVINSI LAMPUNG (Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal terhadap Pembentukan Sikap Spiritual )

Ade Imelda F. (2017) PENDIDIKAN SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK MTs NEGERI PROVINSI LAMPUNG (Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal terhadap Pembentukan Sikap Spiritual ). Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 2017222PAI-S3COVER DISERTASI ADE.pdf

Download (255kB)
[img] Text
2. 2017222PAI-S3PENGESAHAN.pdf

Download (283kB)
[img] Text
3. 2017222PAI-S3ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
4. 2017222PAI-S3KATA PENGANTAR.pdf

Download (258kB)
[img] Text
5. 2017222PAI-S3DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
6. 2017222PAI-S3BAb I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
7. 2017222PAI-S3BAB II.pdf

Download (918kB)
[img] Text
8. 2017222PAI-S3BAB III.pdf

Download (349kB)
[img] Text
9. 2017222PAI-S3BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
10. 2017222PAI-S3BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
11. 2017222PAI-S3DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian awal diperoleh data sikap spiritual peserta didik MTs Negeri di Provinsi Lampung belum optimal. Kurang optimalnya sikap spiritual peserta didik diduga karena pengaruh faktor eksternal (pendidikan dalam keluarga, aktivitas keagamaan di sekolah, dan lingkungan masyarakat ) dan internal (pengetahuan agama, motivasi beragama, dan kecerdasan emosional ) peserta didik. Oleh karena itu tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendidikan dalam keluarga, aktivitas keagamaan di sekolah, lingkungan masyarakat, pengetahuan agama, motivasi beragama, dan kecerdasan emosional terhadap sikap spiritual peserta didik MTs Negeri di Provinsi Lampung, sehingga dapat menemukan desain model pendidikan sikap spiritual peserta didik khususnya di tingkat madrasah tsnawiyah. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, maka rumusan masalah pokok dalam penelitian ini adalah “seberapa besar pengaruh faktor eksternal (pendidikan dalam keluarga, aktivitas keagamaan di sekolah, dan lingkungan masyarakat ) dan internal (pengetahuan agama, motivasi beragama, dan kecerdasan emosional ) terhadap sikap spiritual peserta didik MTs Negeri di Provinsi Lampung?” Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 323 orang peserta didik MTs Negeri di Provinsi Lampung. Alat Pengumpulan data pokok menggunakan angket yang hasilnya kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik regresi linier sederhana dan regresi ganda. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah faktor eksternal, lingkungan masyarakat (72,9% ) memberikan kontribusi lebih besar secara signifikan terhadap pembentukan sikap spiritual peserta didik MTs Negeri di Provinsi Lampung dibandingkan dengan pendidikan dalam keluarga (66,2% ) dan aktivitas keagaman di sekolah (53,2% ). Kondisi tersebut menunjukkan bahwa lingkungan masyarakat memberikan kontribusi positif dalam membentuk sikap spiritual peserta didik MTs Negeri di Provinsi Lampung. Pada faktor internal, kecerdasan emosional (81,9% ) memberikan kontribusi lebih besar secara signifikan terhadap pembentukan sikap spiritual peserta didik MTs Negeri di Provinsi Lampung dibandingkan dengan motivasi beragama (67,1% ) dan pengetahuan agama (52,5% ). Kondisi tersebut menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memberikan kontribusi positif dalam membentuk sikap spiritual peserta didik MTs Negeri di Provinsi Lampung

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 22 Jun 2020 04:36
Last Modified: 22 Jun 2020 04:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27514

Actions (login required)

View Item View Item