Perbandingan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran FIRE-UP dengan Pembelajaran Konvensional Kelas X SMA Negeri 1 Gaung Anak Serka Kabupaten Indragiri Hilir

Rizky Artika, (2012) Perbandingan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran FIRE-UP dengan Pembelajaran Konvensional Kelas X SMA Negeri 1 Gaung Anak Serka Kabupaten Indragiri Hilir. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201381PMT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan strategi FIRE-UP dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi Ruang Dimensi Tiga di kelas X SMA Negeri 1 GAS Kabupaten Indragiri Hilir. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan srategi FIRE-UP dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi Ruang Dimensi Tiga di kelas X SMA Negeri 1 GAS Kabupaten Indragiri Hilir”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Gaung Anak Serka yang berjumlah 119 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 yang berjumlah 30 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X2 yang berjumlah 29 orang (sebagai kelas kontrol). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembaran observasi yang dilakukan setiap kali pertemuan dan tes setelah menggunakan strategi pembelajaran FIRE-UP. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran FIRE-UP dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut peneliti menghitung sendiri datanya secara manual. Data inilah yang diolah menggunakan rumus tes-t dan berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai t sebesar 3,32 dengan nilai signifikan sebesar 2,65 yang mana nilai signifikan yang diperoleh dari perhitungan lebih besar dari taraf signifikan α = 0,05, maka Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep belajar matematika siswa menggunakan strategi FIRE-UP dan pembelajaran konvensional pada materi Ruang Dimensi Tiga di SMA Negeri 1 Gaung Anak Serka Kabupaten Indragiri Hilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 06:52
Last Modified: 26 Feb 2016 06:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2751

Actions (login required)

View Item View Item