PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN UNIT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) RAUDOTUT THULLAB SEPOTONG KECAMATAN SIAK KECIL KABUPATEN BENGKALIS

Wiwik Haryanti, (2012) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN UNIT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) RAUDOTUT THULLAB SEPOTONG KECAMATAN SIAK KECIL KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201380PMT.pdf

Download (842kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran unit terhadap hasil belajar matematika siswa?” dan “Berapa besar pengaruh penerapan metode pembelajaran unit terhadap hasil belajar matematika siswa?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Non equivalent Group. Dalam penelitian, guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan peneliti sebagai observer. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VII MTs Raudotut Thullab Sepotong Kecamatan Siak Kecil Kabupaaten Bengkalis yang berjumlah 40 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Dimana, pertemuan dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan, yaitu tiga kali pertemuan dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran unit dan satu kali mengadakan postes untuk mengetahui hasil penelitian, hasil tes belajar dilakukan uji tes-t. Sedangkan besaran pengaruh pada pembelajaran metode pembelajaran unit dihitung dengan Kp .Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa metode pembelajaran unit memberikan pengaruh kepada siswa sebesar 30,94%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 06:41
Last Modified: 26 Feb 2016 06:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2750

Actions (login required)

View Item View Item