PENGARUH STRATEGI FIRE-UP DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASILBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

HALIMATUL AZURA, (2012) PENGARUH STRATEGI FIRE-UP DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASILBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201378PMT.pdf

Download (894kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil matematika siswa yang masih rendah. Rendahnya hasil belajar matematika yang dimiliki siswa kelas VII MTsN Naumbai Kabupaten Kampar, peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh strategi FIRE-UP dalam pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Naumbai Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalah adalah: Apakah terdapat pengaruh strategi FIRE-UP dalam pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Naumbai Kabupaten Kampar? Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Naumbai Kampar yang berjumlah 60 orang terdiri dari 3 kelas yang telah diuji homogenitasnya menggunakan uji Bartlet dan sampel dalam penelitian ini, kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan tes. Treatment dilakukan sebanyak empat kali pertemuan dengan strategi FIRE-UP dalam pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Konmogrov-Smirnov untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus tes-t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh nilai thitung = 4,16 yang berarti lebih besar dari tt (to> tt) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu (2,02 < 4,16 > 2,72) sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Sehingga dapat di ambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Naumbai Kabupaten Kampar setelah menerapkan strategi FIRE-UP dalam pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 05:30
Last Modified: 26 Feb 2016 05:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2749

Actions (login required)

View Item View Item