Perbandingan pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Think Pair Square (TPS) dan Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tapung Kabupaten Kampar.

MELVI SOFIANI, (2012) Perbandingan pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Think Pair Square (TPS) dan Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tapung Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201368PMT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi belajar matematika pada materi pokok aljabar antara siswa yang menggunakan pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Think Pair Square (TPS) dan Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi eksperimen. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan metode observasi, dokumentasi, dan angket. Data yang terkumpul diperoleh dari lembar observasi dan penyebaran angket. Berdasarkan hasil analisis data nonparametrik menggunakan Mann Whitney U Test dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar matematika antara siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Think Pair Square (TPS) dan Two Stay Two Stray (TSTS). Ini terlihat setelah dilakukan analisis didapat nilai Z hitung lebih kecil dari Z tabel yaitu pada taraf signifikan 5% , yaitu -2,2586 < − -1,97, ini menunjukkan adanya perbedaan yang cukup signifikan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Think Pair Square (TPS) lebih berpengaruh baik terhadap motivasi belajar matematika siswa dibandingkan dengan menggunakan pendekatan Two Stay Two Stray (TSTS), karena pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Think Pair Square (TPS) dapat menumbuhkan hasrat dan keinginan siswa dalam berhasil dan memungkinkan siswa belajar dengan giat. Rata-rata skor motivasi kelas TPS sebesar 75%, sedangkan kelas TSTS sebesar 70,5% yang memiliki perbedaan sebesar ± 4,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 05:12
Last Modified: 26 Feb 2016 05:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2748

Actions (login required)

View Item View Item