Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SDIT DARUL HIKMAH PEKANBARU

Maimah Dinilla, - (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SDIT DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (27MB)

Abstract

ABSTRAK Maimah Dinilla, (2020):Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru memalalui penerapan model pembelajaran think pair share. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran tematik tepatnya muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV A. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 34 orang siswa.Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum tindakan dengan ketuntasan klasikal 31% atau berada pada kategori kurang. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran think pair share pada siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dengan ketuntasan klasikal 57% atau berada pada kategori cukup. Pada siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa semakin meningkat dengan ketuntasan klasikal 78% atau berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku di kelas IV A Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Kemampuan Membaca Pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jun 2020 02:47
Last Modified: 22 Jun 2020 02:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27479

Actions (login required)

View Item View Item