PENGARUH METODE BERCAKAP-CAKAP DENGAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARAANAK KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFALMAU’IZAH HASANAH KECAMATAN TAMBANG

Dinda Lestari, - (2020) PENGARUH METODE BERCAKAP-CAKAP DENGAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARAANAK KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFALMAU’IZAH HASANAH KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI DINDA LESTARI.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Dinda Lestari, (2020) : Pengaruh Metode Bercakap-Cakap Dengan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B Di RA Mau’izah Hasanah Kecamatan Tambang Berdasarkan hasil observasi awal di RA Mau’izah Hasanah Kecamatan Tambang keterampilan berbicara anak belum berkembang dengan optimal sehingga perlu diberikan perlakuan khusus, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pelaksanaan metode bercakap-cakap dengan media gambar seri terhadap keterampilan berbicara anak kelompok B di RA Mau’izah Hasanah Kecamatan Tambang. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di RA Mau’izah Hasanah Kecamatan Tambang. dengan objeknya Pengaruh pelaksanaan metode bercakap-cakap dengan media gambar seri terhadap perkembangan berbicara anak kelompok B di RA Mau’izah Hasanah Kecamatan Tambang. Populasi penelitian ini berjumlah 20 orang anak, sedangkan sampel penelitian ini adalah anak kelompok B1 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas eksperimen dan anak kelompok B2 yang berjumlah 10 orang anak sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purpusive Sampling yang artinya teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data mengenai pengaruh metode bercakap-cakap dengan media gambar seri terhadap keterampilan berbicara anak menggunakan uji t-test dengan menggunakan program microsoft excel 2010. Hasil hipotesis penelitian ini yaitu terdapat pengaruh metode bercakap-cakap dengan media gambar seri terhadap keterampilan berbicara anak kelompok B di RA Mau’izah Hasanah Kecamatan Tambang. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data, ada perbedaan yang signifikan pada perbandingan preetest dan posttest kelas eksperimen yang diperoleh Berdasarkan hasil perhitungan dengan t_hitung = 1,890 t_tabel pada taraf signifikan 5%= 1,734 maka 1,890 ˃ 1,734 atau t_hitung ˃ t_tabel. maka H_(a )diterima dan H_o ditolak. sehingga dapat ditunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah pelaksanaan motode bercakap-cakap dengan media gambar seri terhadap keterampilan berbicara anak yang berada di kelas eksperimen kelompok B di RA Mau’izah Hasanah kecamatan Tambang. Kata Kunci: Metode Bercakap-Cakap, Gambar Seri, Keterampilan Berbicara Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfhal
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jun 2020 02:18
Last Modified: 22 Jun 2020 02:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27478

Actions (login required)

View Item View Item