Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Kuntu Kecamatan Kampar Kiri

Eka Handayani, (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Kuntu Kecamatan Kampar Kiri. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201351PMT.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII MTs Kuntu Kecamatan Kampar Kiri melalui penerapan strategi pembelajaran inquiry dengan pendekatan CTL. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran Inquiry dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleki. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas VIII MTs Kuntu Kecamatan Kampar Kiri. Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa melalui strategi pembelajaran Inquiry dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas VIII MTs Kuntu Kecamatan Kampar Kiri, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar yang mengalami peningkatan. Pada skor dasar awal hasil belajar yang diperoleh yaitu sebanyak 14 orang yang mencapai KKM atau 46.67% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 58.83. Pada siklus I hasil belajar matematika yang diperoleh siswa adalah jumlah siswa yang mencapai ketuntasan dalam belajar adalah sebesar 66.67% Sedangkan pada siklus II sebanyak 26 orang yang mencapai KKM dengan persentase ketuntasan sebesar 86.67%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 05:07
Last Modified: 26 Feb 2016 05:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2747

Actions (login required)

View Item View Item