Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU

Puuja Armelia Utami,, - (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] Text
PUJA.pdf

Download (25MB)

Abstract

ABSTRAK Puuja Armelia Utami, (2020): Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Termokimia Di SMA Negeri 12 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan proses sains siswa. Bentuk penelitian ini adalah quasi eksperimen, yaitu bentuk penelitian yang menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang menentukan perbedaan dua variabel. Jumlah sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas XI IPA 3 (eksperimen) yang mendapatkan perlakuaan model Project Based Learning (PjBL) yang berjumlah 36 siswa dan kelas XI IPA 1 (kontrol) yang menerapkan pembelajaran langsung berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis pretest dan posttest, dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05 ( 0,000 < 0,05 ), dan thitung lebih besar dari pada ttabel (3,867 > 1,994) maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t-test dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi termokimia di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini sebagai rekomendasi bagi guru bahwa keterampilan proses sains siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Kata Kunci: Project Based Learning, Keterampilan Proses Sains, Termokimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jun 2020 02:30
Last Modified: 22 Jun 2020 02:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27467

Actions (login required)

View Item View Item