PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA KURNIA JAYA KECAMATAN RUPAT KABUPATEN BENGKALIS

ISNANTO, (2012) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA KURNIA JAYA KECAMATAN RUPAT KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201343PMT.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan model kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Kurnia Jaya Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, dan seberapa besar pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada perbedaan Model Kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas X SMA Kurnia Jaya Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis? Apakah ada perbedaan peningkatan . Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kurnia Jaya Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis yang berjumlah 170 orang dan sampel penelitian ini adalah kelas X.4 yang berjumlah 34 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X.5 yang berjumlah 34 orang (sebagai kelas kontrol). Berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dan perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan pembelajaran konvensional. Ini terlihat dari mean ketuntasan hasil belajar dengan model kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning sebesar 74,412 lebih baik dari hasil belajar dengan pembelajaran konvensional sebesar 53,382 dan perbedaan peningkatannya adalah 0,72 dan 0,49. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa SMA Kurnia Jaya Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 04:53
Last Modified: 26 Feb 2016 04:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2745

Actions (login required)

View Item View Item