Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM

A.MUNIR, - (2020) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
A. MUNIR OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
11. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)

Abstract

Akhlak merupakan lambang kualitas seorang manusia, masyarakat, dan umat. Namun, saat ini lingkungan pergaulan anak sudah sangat mengkhawatirkan. faktorfaktor yang mempengaruhi pembentukan prilaku akhlak ada 6, yaitu insting, pola dasar bawaan, lingkungan, kebiasaan, kehendak dan pendidikan. Pendidikan akhlak menjadi sangat penting saat era modernisasi seperti saat ini. Merespon pentingnya akhlak yang harus diterapkan dalam pembelajaran, Hasyim Asy’ari membuat satu karya yang sangat populer di dunia pendidikan hingga saat ini, yaitu: Adab al-Alim wa al-Muta’allim. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna dari Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim; dan untuk menganalisis relevansinya Konsep Pendidikan Akhlak KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim dengan pendidikan akhlak saat ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan obyek kitab-kitab, serta lainnya yang ada kaitannya dengan obyek kajian, karena yang dijadikan obyek kajian adalah hasil karya tulis yang merupakan hasil pemikiran, menggunakan pendekatan sosiologis, filosofis, arkeologis, dan historis. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi terhadap buku dan referensi lain yang menjadi sumber data primer dan data sekunder. Macam-macam metode yang digunakan dalam menganalisis masalah adalah sebagai berikut: metode deduktif dan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Pemikiran pendidikan akhlak KH. Hasyim Asy‟ari memiliki kecendrungan mengetengahkan nilai-nilai estetika yang bernafaskan sufistik dengan memberikan perhatian khusus dalam mendidik akhlak yaitu melalui pendidikan akhlak. Hakikat pendidik menurut K.H. Hasyim Asy’ari adalah pendidik harus memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi dalam mendidik peserta didik, memiliki sifat kasih sayang kepada seluruh peserta didiknya, memiliki kepribadian yang baik, menguasai berbagai metode pengajaran dan memiliki moral yang baik pula. Sedangkan hakikat peserta didik adalah harus mempunyai perilaku yang baik terhadap guru, sesame teman dan harus menggunakan sarana pembelajaran dengan sebaikbaiknya. Metode yang digunakan K.H. Hasyim Asy’ari dalam pendidikan akhlak antara lain: metode keteladanan, metode pembiasaan, metode memberi nasihat, metode motivasi dan intimidasi, metode persuasi, dan metode kisah; dan 2)Relevansi pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari terhadap pendidikan sekarang nampak pada munculnya berbagai lembaga yang dinaungi panji-panji islam atau lebih dikenal dengan sebutan Pondok Pesantren. Selain itu, relevansi pemikiran beliau dengan pendidikan sekarang adalah akhlak pendidik terhadap dirinya sendiri, akhlak pendidik dalam pembelajaran, dan akhlak pendidik terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:25
Last Modified: 19 Jun 2020 03:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27443

Actions (login required)

View Item View Item