Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN ZAKAT HASIL KILANG KAYU SOMEL DI DESA DEDAP KECAMATAN TASIK PUTRI PUYU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

Nur Azmi, - (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN ZAKAT HASIL KILANG KAYU SOMEL DI DESA DEDAP KECAMATAN TASIK PUTRI PUYU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNG KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis pada masyarakat yang berada di Desa Dedap Kecamatan Tasik Putri Puyu yang mana pada desa ini terdapat masyarakat yang memiliki kilang kayu somel dalam meningkatkan ekonominya. Usah kilang kayu yang dilakukan masyarakat Desa Dedap Kecamatan Tasik Putri Puyu ini menghasilkan penghasilan yang cukup besar Adapun masalah yang akan penulis analisa adalah tentang pemahaman sebagian pemilik kilang kayu terhadap kadar, nishab dan haul dan juga pendistribusian zakat hasil kilang kayu Desa Dedap Kecamatan Tasik Putri Puyu. Sedangkan tujuan dari penelitian ini penulis maksudkan untuk mengetahui pemahaman masyarakat dalam mengeluarkan zakat dan pendistribusian zakat usaha kilang kayu somel di Desa Dedap Kecamatan Tasik Putri Puyu tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research).Lokasi ini bertempat di Desa Dedap Kecamatan Tasik Putri Puyu.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemilik kilang kayu somel yang berjumlah 7 orang sekaligus di jadikan sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang merupakan sumber data yang diperoleh secara langsung dari sumber aslinya yang berupa wawancara, pendapat dari individu atau kelompok , maupun hasil observasi dari suatu obyek, kejadian atau hasil pengujian. Data sekunder adalah sumber data penelitian yang diperoleh melalui media perantara atau secara tidak langsung yang berupa buku, catatan, bukti yang telah ada, atau arsip baik yang dipublikasikan maupun yang tidak dipublikasikan secara umum.dan data tersier adalah bahan-bahan memberi penjelasan terhadap data primer dan sekunder, adapun data tersier dalam penelitian ini adalah di peroleh dari kamus insiklopedia atau hasil penelitian yang serupa yang masih ada kaitannya dengan permasalahan yang di teliti. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan bahwa pengusaha kilang kayu somel yang berada di Desa Dedap Kecamatan Tasik Putri Puyu di dalam pelaksanaan zakat hasil kilang kayu tersebut, ada sebagian pemilik kilang kayu yang memberikan zakat kepada anak yatim, ada lagi sebagian yang mengeluarkan zakat tanpa menghitung nishab dan haulnya terlebih dahulu dan ada juga tidak pernah sama sekali menegeluarkan zakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.54 Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Jun 2020 02:10
Last Modified: 19 Jun 2020 02:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27438

Actions (login required)

View Item View Item