PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPIT AR-ROYYAN PEKANBARU

Siska Mardiyanti, (2012) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPIT AR-ROYYAN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012946.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dengan strategi pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII SMPIT Ar-Royyan Pekanbaru. Di mana penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian tindakan yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas, salah satunya adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan cara melakukan tindakantindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih professional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMPIT Ar-Royyan Pekanbaru pada semester genap Tahun Ajaran 2008/2009. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh guru bidang studi Matematika. Observasi dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dengan 3 kali tindakan dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dengan strategi pembelajaran langsung. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dengan strategi pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII-1 SMPIT Ar-Royyan Pekanbaru. Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada pertemuan sebelum tindakan rata-ratanya 60,38 sedangkan rata-rata setelah penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dengan strategi pembelajaran langsung adalah 65,15 pada siklus I, 68 pada siklus II, dan 71,77 pada siklus III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 04:43
Last Modified: 26 Feb 2016 04:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2743

Actions (login required)

View Item View Item