KARAKTERISASI MORFOLOGI ORGAN GENERATIF TANAMAN JERUK SIAM (Citrus nobilis L.) DI DUA SENTRA LOKASI YANG BERBEDA

Permata Hanafi, - (2020) KARAKTERISASI MORFOLOGI ORGAN GENERATIF TANAMAN JERUK SIAM (Citrus nobilis L.) DI DUA SENTRA LOKASI YANG BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNG KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (961kB)

Abstract

KARAKTERISASI MORFOLOGI ORGAN GENERATIF TANAMAN JERUK SIAM (Citrus nobilis L.) DI DUA SENTRA LOKASI YANG BERBEDA Permata Hanafi (11582202790) Dibimbing oleh Tiara Septirosya dan Ervina Aryanti INTISARI Karakterisasi morfologi organ generatif tanaman Jeruk Siam yang berasal dari Riau dan Sumatera Barat perlu dilakukan untuk melihat perbedaan karakteristik organ generatif yang dimiliki oleh tanaman jeruk, mengingat berbedanya kondisi lahan dan agroklimatologi dari kedua lokasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Karakter morfologi organ generatif tanaman Jeruk Siam yang berasal dari Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini telah dilaksanakan pada Bulan April sampai Juni 2019 di Desa Silam, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar Provinsi Riau, dan di Desa Lakuang, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Lima Puluhkota, Provinsi Sumatera Barat, serta di Laboratorium Agronomi dan Agrostologi Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultsan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini terdiri dari dua tahap: tahap pertama adalah observasi dan wawancara langsung kepada petani dan tahap yang kedua adalah karakterisasi yang dilakukan pada organ generatif tanaman Jeruk Siam yaitu bunga, buah, dan biji. Setiap lahan diambil 15 sampel tanaman, masing-masing tanaman diambil empat sampel bunga dan buah. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan adanya perbedaan pada karakter kuantitatif dan kualitatif Jeruk Siam Kuok dan Jeruk Siam Gunung Omeh. Karakter kuantitatif yang berbeda yaitu jumlah stamen, panjang petal, diameter buah, berat buah, berat kulit buah, ketebalan kulit buah, edible portion, ketebalan daging buah, berat biji dan jumlah biji. Sedangkan karakter kualitatif yang berbeda yaitu tekstur permukaan buah dan indeks warna kulit buah. Kata Kunci: Jeruk Siam Kuok, Jeruk Siam Gunung Omeh, Karakterisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 19 Jun 2020 02:15
Last Modified: 19 Jun 2020 02:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27427

Actions (login required)

View Item View Item