Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TANGGUNG JAWAB PIHAK PT. PEGADAIAN (PERSERO) TERHADAP HILANGNYA BARANG JAMINAN GADAI DI PT. PEGADAIAN (PERSERO) SYARIAH UPS PAYUNG SEKAKI PEKANBARU

Suci Rahmawati, - (2020) TANGGUNG JAWAB PIHAK PT. PEGADAIAN (PERSERO) TERHADAP HILANGNYA BARANG JAMINAN GADAI DI PT. PEGADAIAN (PERSERO) SYARIAH UPS PAYUNG SEKAKI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Tanggung Jawab Terhadap Hilangnya Barang Jaminan Gadai Di PT. Pegadaian (Persero) Syariah Ups Payung Sekaki Pekanbaru. Kejadian yang dialami oleh karyawan Pegadaian Ups Payung Sekaki yaitu Wenni Afriyana Siregar yang akan mengantarkan barang hasil gadai ke Kantor Pegadaian di Jalan Ahmad Yani Pekanbaru di tengah jalan karyawan ini di pepet oleh dua OTK (Orang Tidak Dikenal) yang membawa senjata tajam dan berhasil merampas serta membawa kabur barang jaminan gadai tersebut. Akibatnya pihak Pegadaian mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. Dalam hal ini, pihak pegadaian bertanggung jawab untuk memberikan ganti rugi sesuai dengan Pasal 1157 KUHPerdata dan juga dengan ketentuan dari pihak Pegadaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggung jawab pihak PT. Pegadaian (PERSERO) terhadap hilangnya barang jaminan gadai pada PT. Pegadaian (PERSERO) Syariah Ups Payung Sekaki Pekanbaru, dan mengetahui akibat hukum perjanjian gadai pada PT. Pegadaian (PERSERO) terhadap hilangnya barang jaminan gadai di PT. Pegadaian (PERSERO) Syariah Ups Payung Sekaki Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian sosiologis, yaitu penelitian yang dilakukan dengan langsung ke lapangan, Adapun metode pengumpulan data adalah melalui observasi, yaitu mengumpulkan data dengan melakukan pengamatan secara langsung, wawancara yaitu mengumpulkan data dengan cara tanya jawab dan studi pustaka yaitu mengumpulkan informasi yang didapat dari buku-buku, karya ilmiah, disertasi dan lainnya. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode kualitatif sedangkan metode penarikan kesimpulan adalah menggunakan metode deduktif. Dari hasil penelitian ini terhadap tanggung jawab pihak PT. Pegadaian terhadap hilangnya barang nasabah bisa diselesaikan dengan baik walaupun dalam prosesnya tidak semua nasabah yang menerima dengan bentuk pertanggung jawaban yang di berikan oleh pihak PT. Pegadaian (Persero). Dengan adanya peristiwa hilangnya barang jaminan nasah, maka akibat hukumnya yaitu batalnya suatu perjanjian bila salah satu syarat subyektif tidak dipenuhi, perjanjiannya batal bukan demi hukum, tetapi salah satu pihak dapat memintakan pembatalan itu. Maka dapat disimpulkan bahwa pihak PT. Pegadaian (PERSERO) bertanggung jawab terhadap kerusakan atau hilangnya barang jaminan nasabah yaitu dengan memberikan ganti kerugian sebesar 95% dari nilai taksiran barang dan bentuk penggantiannya bisa berupa nominal atau diganti dengan barang yang sama sesuai dengan kesepakatan nasabah dan pihak Pegadaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:04
Last Modified: 18 Jun 2020 02:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27405

Actions (login required)

View Item View Item