Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK AKRILIK PADA “UKM TEKAT TIGA DARA” PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM

Dahayu, - (2020) PENGARUH DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK AKRILIK PADA “UKM TEKAT TIGA DARA” PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)

Abstract

ABSTRAK Dahayu (2020): “Pengaruh Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Akrilik Pada UKM Tekat Tiga Dara Pekanbaru Menurut Ekonomi Islam Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena yang ada dimana desain produk dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, karena hal tersebut tersedia pada suatu produk dan perusahaan, sehingga digunakan oleh konsumen sebagai dasar untuk memutuskan antara membeli atau tidak sebuah produk yang ditawarkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh desain produk akrilik terhadap keputusan pembelian konsumen pada UKM Tekat Tiga Dara Pekanbaru dan tinjauan Ekonomi Islam terhadap desain produk akrilik di UKM Tekat Tiga Dara Pekanbaru dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan pada UKM Tekat Tiga Dara yang berlokasi di Jalan Dahlia, Gg Jati, Kompleks Kejaksaan, Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Populasinya adalah konsumen sebanyak 175 orang diambil dari data tahun 2018. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 63 responden yang diambil berdasarkan Rumus Slovin dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, Angket dan Dokumentasi. Selanjutnya, penulis menganalisa data menggunakan kuantitatif dengan menggunkan uji instrument penelitian, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian ini, diperoleh persamaan regresi linear sederhana sebagai berikut: Y= 9,598+ 0,853X artinya bahwa variabel desain produk berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian. Hal ini juga diuji dengan menggunakan uji t dapat dilihat dari nilai thitung (12,353 ) > ttabel (1, 999) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,005 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Untuk Uji Koefisien Determinasi (R2) hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 0,714. Nilai tersebut menggambarkan bahwa sumbangan variabel independen (variabel desain produk) terhadap naik turunnya variabel dependen (variabel keputusan pembelian) adalah sebesar 71,4% dan sisanya 28,6% merupakan sumbangan dari variabel lain yang tidak dimasukkan dari variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model yang diajukan dalam penelitian ini (terkumpul dala variabel pengganggu atau e). Pada koefisien korelasi diketahui nilai R sebesar 0,845. Artinya adalah bahwa korelasi antara variabel independen (desain produk) dengan variabel dependen (keputusan pembelian) memiliki hubungan yang sangat kuat. Dalam tinjauan Ekonomi Islam, desain produk akrilik pada UKM Tekat Tiga Dara Pekanbaru telah memenuhi syariat Islam yaitu nilai-nilai keislaman yang terdapat pada produk, produk sesuai kebutuhan konsumen, dan meminimalisir barang mewah/sederhana. Keyword: Desain Produk, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:09
Last Modified: 18 Jun 2020 02:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27402

Actions (login required)

View Item View Item