PENERAPAN STRATEGI SNOW BALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

SHANTI NOVITA SARI, (2012) PENERAPAN STRATEGI SNOW BALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012943.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi Snow Ball Throwing dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika kelas X di SMA Negeri 1 Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi pada pokok bahasan Trigonometri. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Snow Ball Throwing dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kecamatan Kuantan Hilir pada pokok bahasan Trigonometri?” Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Kuantan Hilir. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Dokumentasi, yaitu digunakan untuk mengumpulkan data mengenai sejarah sekolah, keadaan guru dan siswa, serta sarana dan prasarana yang ada di SMA Negeri 1 Kuantan Hilir. Tes, yaitu untuk mengukur pemahaman konsep siswa digunakan tes hasil belajar siswa. Soal disusun dalam beberapa butir soal essay. Dan observasi, yaitu melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Observasi dilakukan tiap kali tatap muka dengan tujuan untuk melihat perkembangan proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Strategi Snow Ball Throwing dalam pembelajaran dapat mengatasi masalah siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Kuantan Hilir tahun pelajaran 2011/2012, yaitu siswa dapat memahami materi yang diberikan oleh guru, khususnya pada materi Trigonometri. Berdasarkan teknik analisis data dalam penelitian ini diperoleh hasil observasi aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar ketuntasan hasil belajar siswa untuk pemahaman konsep siswa pada siklus I 65,88% dengan kategori aktivitas tinggi dan siklus II 80,5% dengan kategori aktivitas sangat tinggi. Ketuntasan hasil belajar siswa untuk pemahaman konsep siswa pada siklus I 72,2% sebanyak 23 orang atau 89,85% pada siklus II sebanyak 38 orang. Berdasarkan hasil analisis dari data kedua siklus tersebut, hasil tindakan pada siklus II mengalami peningkatan dibandingkan pada siklus I. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Strategi Snow Ball Throwing dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi Trigonometri siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Kuantan Hilir tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 04:17
Last Modified: 26 Feb 2016 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2740

Actions (login required)

View Item View Item