PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARANTIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASIBELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEPREAKSI REDUKSI OKSIDASI DI KELAS X SMAN 1 SINGINGI KECAMATAN SINGINGI

Neneng Erma, (2012) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARANTIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASIBELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEPREAKSI REDUKSI OKSIDASI DI KELAS X SMAN 1 SINGINGI KECAMATAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012916.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Singngi Kecamatan Singingi setelah diterapkan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas X1 (eksperimen) dan kelas X3 (kontrol). Untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,77 dan ttabel = 1,67 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan prestasi belajar dengan peningkatan sebesar 12 %. Kata kunci : Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Think-Pair-Share

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 03:04
Last Modified: 26 Feb 2016 03:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2739

Actions (login required)

View Item View Item