PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 32 SIAK

FITRI YANI, (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 32 SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012908.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimiliki siswa kelas VII SMP Negeri 32 SIAK, karena pemecahan masalah itu sendiri merupakan salah satu dari tujuan pembelajaran matematika, peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization(TAI) dengan strategi Think Talk Write(TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP negeri 32 SIAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan strategi TTW pada materi pokok segitiga terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe TAI dengan strategi TTW terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 32 SIAK pada materi pokok segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 32 SIAKSemester 2 tahun pelajaran 2011/2012, yang terdiri kelas VII1, VII2, VII3, dan VII4 yang seluruhnya berjumlah 80 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan kelas VII2sebagai kelas control sebanyak 20 siswa.Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dengan melakukan dokumentasi, observasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama limakali, yaitu empat kali pertemuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan strategi TTW satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Data yang terkumpul dari hasil tes dianalisis dengan menggunakan analisis statistik dengan analisis uji tes”t”, dilanjutkan dengan uji KP. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan nilai thitung = 2,78dan ttabelpada taraf signifikan 5% dan 1% sebesar 2,02 dan 2,72. Hal ini menunjukkan bahwa (2,02 < 2,78 > 2,72), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI degan strategi TTW terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 32 SIAK pada materi Segitiga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 02:54
Last Modified: 26 Feb 2016 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2737

Actions (login required)

View Item View Item