Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Self Efficacy siswa SMP Negeri 17 Pekanbaru

Rima Ariyanti, - (2020) Pengaruh Penerapan Model Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Self Efficacy siswa SMP Negeri 17 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
RIMA ARIYANTI.pdf

Download (28MB)

Abstract

ABSTRAK Rima Ariyanti, (2020): Pengaruh Penerapan Model Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Self Efficacy siswa SMP Negeri 17 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 17 Pekanbaru yang belajar menggunakan model scaffonding dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, dan rendah, dan mengetahui interaksi antara model pembelajaran scaffolding dengan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial exsperimen design. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Pekanbaru, dengan sampel VII.1 sebagai kelas kontrol dan VII.4 sebagai kelas eksperimen. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Pengumpulan data berupa angket self Efficacy dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Scaffolding dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional di SMP Negeri 17 Pekanbaru; 2) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan matematis antara siswa yang memiliki Self Efficacy tinggi, sedang dan rendah di SMP Negeri 17 Pekanbaru; 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Scaffolding dan Self Efficacy dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas terutama dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Model Scaffolding, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:14
Last Modified: 18 Jun 2020 02:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27368

Actions (login required)

View Item View Item