Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Open-Ended Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP/MTs Duri

Famelia Anggita Putri, - (2020) Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Open-Ended Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP/MTs Duri. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)
[img] Text
FAMELIA.pdf

Download (26MB)

Abstract

ABSTRAK Famelia Anggita Putri, (2020): Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Open-Ended Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP/MTs Duri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan Open-Ended dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki self efficacy yang tinggi, sedang dan rendah dan juga bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara penerapan pendekatan dalam pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis dan desain penelitian ini adalah Factorial Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester ganjil MTs Hubbul Wathan Duri tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil secara cluster random sampling adalah kelas VIII.2 dan VIII.3. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal pretest dan postest kemampuan komunikasi matematis, angket self efficacy dan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan Open-Ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; 2) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki self efficacy yang tinggi, sedang dan rendah; 3) tidak terdapat interaksi antara penerapan pendekatan dalam pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Pendekatan Open-Ended, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:41
Last Modified: 18 Jun 2020 02:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27367

Actions (login required)

View Item View Item