Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP Negeri 3 Tambang

DESRINAWATI, - (2020) Pengaruh Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP Negeri 3 Tambang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DESRINA.pdf

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Desrinawati, (2019): Pengaruh Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP Negeri 3 Tambang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme jika berdasarkan Self Confidence siswa SMP Negeri 3 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah Faktorial Eksperimen. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran denggan pendekatan pembelajaran konstruktivisme jika berdasarkan Self Confidence tinggi, sedang, rendah siswa, 3) Tidak terdapat interaksi penerapan pendekatan pembelajaran dan Self Confidence siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran konstruktivisme berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan Self Confidence siswa SMP Negeri 3 Tambang. Kata kunci: Konstruktivisme, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:43
Last Modified: 18 Jun 2020 02:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27365

Actions (login required)

View Item View Item