PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRUKTURAL THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 23 PEKANBARU

Yossi Lovita Hendri, (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRUKTURAL THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012895.pdf

Download (638kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu dari tujuan pembelajaran matematika. Karena rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika yang dimiliki siswa kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru, peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh model pembelajaran kooperatif struktural Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Realistic Mathmatics Education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah apakah pembelajaran kooperatif struktural TPS dengan pendekatan RME berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru? Berapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif struktural TPS dengan pendekatan RME terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif model pembelajaran kooperatif struktural TPS dengan pendekatan RME terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif struktural TPS dengan pendekatan RME terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru dan sampel dalam penelitian ini, kelas VII.e sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.c sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan melakukan dokumentasi, observasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif struktural TPS dan pendekatan RME dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, dianalisis menggunakan tes “t” dan dilanjutkan dengan Uji KP. Analisis data menunjukkan nilai thitung = 3,836 dan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% sebesar 2,00 dan 2,66. Hal ini menunjukkan bahwa (2,00 < 3,836 > 2,66), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dan besarnya pengaruh yang telah dianalisis dengan uji KP, adalah 19,18%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif struktural TPS dengan pendekatan RME berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru pada materi bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 02:47
Last Modified: 26 Feb 2016 02:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2736

Actions (login required)

View Item View Item