MONALISA (2012) KOMPARATIF HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARAPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETHINK-PAIR-SQUARE(TPS) DAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS)PADASISWA KELAS VIISMPMUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SULTAN SYRIEF RIAU.
|
Text
2012_2012892.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika pada materi pokok segiempat antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPS) dengan Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru tahun pelajaran 2011/2012. yang terdiri kelas VII1, VII2, VII3, VII4, VII5, dan VII6 yang seluruhnya berjumlah 236 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen 1 (TPS) dari kelas VII2 sebanyak 40 siswa dan kelompok eksperimen 2 (TSTS) dari kelas VII6 sebanyak 40 siswa yang telah diuji homogenitasnya menggunakan uji Bartlett. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 80 siswa diperoleh dengan cara random sampling. Dalam penelitian ini hasil pembelajaran Kooperatif Tipe TPS merupakan variabel X dan hasil pembelajaran tipe TSTS merupakan variabel Y. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think-Pair-Square (TPS) dan Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus test-t untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika pada materi pokok segiempat antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair Square (TPS) dengan Tipe Two Stay Two Stray (TSTS), dan diperoleh nilai t sebesar 2,95 dengan nilai signifikan 5 % sebesar 1,99 signifikan 1% = 2,64 (1,99 < 2,95 > 2,64) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPS) Dan Two Stay Two Stray (TSTS) pada pokok bahasan Segi Empat di SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 26 Feb 2016 02:39 |
Last Modified: | 26 Feb 2016 02:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2735 |
Actions (login required)
View Item |