Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERTANGGUNG JAWABAN PERUSAHAAN TRAVEL TERHADAP SUPIR YANG MENGALAMI KECELAKAAN PADA PT. DOLOK SORDANG MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN PADANG LAWAS KOTA SIBUHUAN

Anner Sumantri Lubis, - (2020) PERTANGGUNG JAWABAN PERUSAHAAN TRAVEL TERHADAP SUPIR YANG MENGALAMI KECELAKAAN PADA PT. DOLOK SORDANG MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN PADANG LAWAS KOTA SIBUHUAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)

Abstract

ABSTRAK Anner Sumantri Lubis (2020): Pertanggung Jawaban Perusahaan Travel Terhadap Supir Yang Mengalami Kecelakaan Pada PT. Dolok Sordang Menurut Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Padang Lawas Kota Sibuhuan. Pertanggung jawaban perusahaan travel terhadap supir yang mengalami kecelakaan pada PT. Dolok Sordang harus diperhatikan dengan baik, karena supir dari perusahaan travel Dolok Serdang pernah mengalami kecelakaan dijalan lalu lintas Sosa. Dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan umum pada pasal 19 ayat 1 disebutkan bahwa perusahaan angkutan umum bertanggung jawab atas kerugian yang diakibatkan oleh segala perbuatan orang yang dipekerjakan dalam kegiatan penyelenggaraan angkutan. Namun pada kenyataannya ganti kerugian itu semua dibebankan kepada supir travel tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih jauh tentang bagaimana pertanggung jawaban perusahaan Travel terhadap supir yang mengalami kecelakaan pada PT. Dolok Sordang menurut Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 dan apa faktor penghambat perusahaan Travel Dolok Sordang dalam melakukan pertanggung jawaban terhadap mobil Travel. Penelitian ini merupakan penilian hukum sosiologis (yuridis sosiologis) dimana penelitian ini dilakukan terhadap supir yang mengalami kecelakaan pada PT. Dolok Sordang. Data tersebut penulis kumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara dan studi pustaka, dengan sumber data primer dan skunder, kemudian dianalisis sumber data tersebut. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling yang terdiri dari 1 orang direktur PT, dan 20 supir Travel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertanggungjawaban perusahaan Travel terhadap supir yang mengalami kecelakaan pada PT. Dolok Sordang menurut Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan belum sepenuhnya berjalan dengan baik, masih ada beberapa supir yang bertanggung jawab sendiri dan mengganti kerugian sendiri saat supir mengalami kecelakaan. Sedangkan faktor penghambat perusahaan Travel PT. Dolok Sordang dalam melakukan pertanggung jawaban terhadap supir Travel yang mengalami kecelakaan ini adalah akibat kurang pahamnya perusahaan terhadap aturan tentang ketenagakerjaan dan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003, kurangnya anggaran yang disediakan olah perusahaan dan kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah terhadap aturan ini agar supir Travel dapat menikmati gajinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.02 Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jun 2020 04:03
Last Modified: 17 Jun 2020 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27332

Actions (login required)

View Item View Item