Eki Ari Wibowo, - (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) DALAM KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS YAYASAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI EKI ARI WIBOWO.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Eki Ari Wibowo, (2019): Analisis Implementasi Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) dalam Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam mata pelajaran ekonomi kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menegah Atas Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada guru yang sudah menerapkan pendekatan saintifik tetapi belum maksimal dalam menerapkannya di dalam pembelajaran di kelas karena guru masih terbiasa dengan penerapan pembelajaran di kurikulum KTSP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Subjeknya adalah guru ekonomi kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Atas Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah implementasi pendekatan ilmiah (Scientific Approach) dalam kurikulum 2013. Informan kunci dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran ekonomi kelas X dan informan tambahan yaitu siswa atau guru sejawat, kepala sekolah, dan waka kurikulum.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian implementasi pendekatan ilmiah (Scientific Approach) dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran ekonomi sebesar 61,48%, hasil tersebut tergolong ke dalam kategori “Baik” karena berada pada rentang pengkategorian 81%-100% yang artinya guru di dalam kegiatan mengamati sudah baik menentukan objek apa yang akan diamati, dalam kegiatan menanya guru sudah baik dalam menyampaikan pertanyaan, dalam kegiatan mencoba guru sudah memberitahu langkah-langkah apa saja yang dilakukan, dalam menalar guru baik dalam mengolah informasi lalu di sampaikan kepada peserta didik, kemudian yang terakhir dalam membentuk jejaring/mengkomunikasikan guru mampu menyuruh peserta didik menarik kesimpulan untuk di presentasikan di depan kelas. Kata Kunci: Analisis, Pembelajaran ekonomi, Pendekatan ilmiah, Kurikulum 2013
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 02:48 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 02:48 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27299 |
Actions (login required)
View Item |