Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ASPEK MIKROBIOLOGIK FERMENTASI LIMBAH NANAS (Ananas comosus L. Merr) DENGAN KOMPOSISI SUBSTRAT YANG BERBEDA

Muhammad Hasan, - (2020) ASPEK MIKROBIOLOGIK FERMENTASI LIMBAH NANAS (Ananas comosus L. Merr) DENGAN KOMPOSISI SUBSTRAT YANG BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)

Abstract

ASPEK MIKROBIOLOGIK FERMENTASI LIMBAH NANAS (Ananas comosus L. Merr) DENGAN KOMPOSISI SUBSTRAT YANG BERBEDA Muhammad Hasan (11581100862) Dibawah bimbingan Dewi Febrina dan Irdha Mirdhayati INTISARI Aspek mikrobiologik pemanfaatan limbah nanas dan filtrat abu sekam padi dalam pembuatan pakan ternak penting dikaji untuk memastikan bahwa pakan ternak yang dihasilkan memenuhi aspek keamanan untuk dikonsumsi ternak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek mikrobiologik fermentasi limbah nanas (Ananas comosus L. Merr) dengan komposisi substrat yang berbeda yang ditambahkan filtrat abu sekam padi meliputi pH, Total Plate Count (TPC) dan Escherichia coli. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah P0 (100% kulit nanas + 0% mahkota nanas), P1 (75% kulit nanas + 25% mahkota nanas), P2 (50% kulit nanas + 50% mahkota nanas), P3 (25% kulit nanas + 75% mahkota nanas), P4 (0% kulit nanas + 100% mahkota nanas) dan setiap perlakuan ditambahkan filrat abu sekam padi (FASP) sebanyak 0,20% b/v. Peubah yang diukur adalah pH, Total Plate Count (TPC) dan Escherichia coli. Data pH dan TPC dianalisis dengan sidik ragam dan Escherichia coli ditabulasi dan dibahas secara deskriptif sesuai literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi substrat yang berbeda (Kulit nanas dan Mahkota nanas) berpengaruhi sangat nyata (P<0,05) terhadap penurunan pH fermentasi, tidak berpengaruh nyata terhadap Total Plate Count (TPC), namun melebihi batas ketentuan SNI dan terindikasi dua perlakuan adanya Escherichia coli. Dapat disimpulkan bahwa komposisi substrat yang berbeda (Kulit nanas dan Mahkota nanas) mampu menurunkan pH, mempertahankan total bakteri. Perlakuan yang terbaik adalah P2 dengan nilai pH 5,09 dan TPC berkisar 9,01 log10 cfu/g serta tidak terindikasi adanya Escherichia coli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 16 Jun 2020 02:17
Last Modified: 16 Jun 2020 02:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27296

Actions (login required)

View Item View Item