Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN JASA SERVIS SEPEDA MOTOR DI BENGKEL HONDA AGRO PERKASA PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM

RismaWati, - (2020) TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN JASA SERVIS SEPEDA MOTOR DI BENGKEL HONDA AGRO PERKASA PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] Text
gabungan kecuali bab iv benar.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Jasa Servis Sepeda Motor di Bengkel Honda Argo Perkasa Pekanbaru Menurut Ekonomi Islam ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi sebagian konsumen yang beranggapan bahwa pelayanan yang diberikan karyawan Bengkel Honda Argo Perkasa Pekanbaru masih belum maksimal, seperti kurangnya efesiensi waktu pengerjaan kendaraan jasa servis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana pelayanan karyawan jasa servis sepeda motor di Bengkel Honda Argo Perkasa Pekanbaru, kedua, bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan jasa servis sepeda motor di Bengkel Honda Argo Perkasa Pekanbaru, dan ketiga bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap pelayanan jasa servis sepeda motor di Bengkel Honda Argo Perkasa Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di Bengkel Honda Argo Perkasa Pekanbaru, Jl. HR Soebrantas A1-A3, Panam, Kec. Tampan, Riau 28293. Dalam penelitian ini populasi adalah pimpinan dan karyawan Bengkel Honda Argo Perkasa Pekanbaru yang berjumlah 22 orang, serta konsumen Bengkel Honda Argo Perkasa Pekanbaru pada tahun 2019 berjumlah 1.000 orang. Karena keterbatasan dana dan waktu, maka jumlah sampel pada pihak bengkel ditetapkan dengan teknik purposive sampling, dan dari teknik tersebut ditetapkan yaitu, pimpinan bengkel, kepala bengkel, dan kepala mekanik. Sedangkan sampel dari konsumen ditetapkan dengan teknik accidental sampling dan ukuran sampel yang diambil sebesar 10%, yaitu sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen diukur dengan menggunakan skala likert. Jawaban setiap instrumen yang menggunakan skala likert mempunyai gradasi dari sangat baik sampai sangat tidak baiik yang disajikan dalam bentuk skor 4, 3, 2, 1. Hasil penelitian ini adalah bahwa Bengkel Honda Argo Perkasa Pekanbaru melakukan pelayanan dengan baik berdasarkan konsep kecepatan, ketepatan, keramahan, dan kenyamanan. Sedangkan tingkat kepuasan konsumen berdasarkan indikator keandalan (reliability) yang meliputi kedisiplinan, tanggung jawab, dan kemudahan prosedur pelayanan. Cepat tanggap (responsive) yang meliputi efesiensi dan kesiapan karyawan. Jaminan (assurance) yang meliputi keamanan, pengetahuan, ketelitian, dan kejelasan informasi yang disampaikan karyawan. Empati (emphaty) yang meliputi kesopanan dan keramahan. Dan kasat mata (tangibles) yang meliputi kemudahan akses, ruang tunggu, peralatan dan penampilan karyawan. Maka diketahui bahwa konsumen Bengkel Honda Argo Perkasa Pekanbaru puas dengan pelayanan yang diberikan. Dalam pandangan Ekonomi Islam, pelayanan karyawan di Bengkel Honda Argo Perkasa Pekanbaru sudah memberikan kepuasan terhadap konsumen, seperti kedisiplinan karyawan, tanggung jawab karyawan dalam melakukan servis, serta keramahtamahan karyawan. Namun dalam hal ini yang dilakukan karyawan masih belum sepenuhnya sesuai dengan nilai-nilai syariah karena masih ada beberapa hal yang belum terlaksana dengan baik, seperti kurangnya peralatan yang dibutuhkan karyawan bengkel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Jun 2020 03:05
Last Modified: 18 Jun 2020 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27294

Actions (login required)

View Item View Item