Program Restrukturisasi Pembiayaan Kepemilikan Rumah KPR) Bermasalah pada PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru

Amelia Frismen, - (2020) Program Restrukturisasi Pembiayaan Kepemilikan Rumah KPR) Bermasalah pada PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru. Laporan thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Amelia Frismen (2020): Program Restrukturisasi Pembiayaan Kepemilikan Rumah KPR) Bermasalah pada PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru Berbicara masalah KPR dalam hal ini tidak bisa dilepaskan dari peran Bank Tabungan Negara (BTN) . Bank ini memang sudah lama memfokuskan mengenai layanan jasa dan produknya kepada masyarakat dalam hal pemberian KPR, selain itu juga membuka layanan yang sama pada Bank Tabungan Negara Syariah dengan produk unggulannya yaitu KPR syariah. Meningkatnya pertumbuhan pembiayaan KPR pada Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru dari tahun ke tahun. Semakin banyak pembiayaan KPR syariah, semakin banyak pula resiko pembiayaan yakni pembiayaan bermasalah. Pembiayaan bermasalah pada bank dapat diatasai dengan melakukan penyelamatan pembiayaan yaitu dengan restruktutrisasi Penelitan ini dilakukan di PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru. Pada penelitian ini memiliki populasi yang berjumlah 1 orang Pimpinan, dan 71 staff karyawan pada PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru maka diambil sampel sebanyak 3 orang. Dalam pengambilan sampel penulis menggunakan Metode Purposive Sampling. Analisi data dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder dan metode pengumpulan data menggunakan Wawancara, Dokumentasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan Hasil Penelitian menunjukkan bahwa PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru melakukan penanganan pembiayaan bermasalah pada KPR dengan cara melakukan pembinaan yaitu menelpon nasabah yang terlambatmembayar angsuran,mengirim surat pemberitahuan atau surat peringatan terhadap nasabah yang menunggak dan menagih langsung dengan cara mengunjungi rumah atau kantor nasabah yang menunggak,melakukan restrukturisasi bagi nasabah yang masih mempunyai iktikad baik dan kooperatif dengan program restrukturisasi berbentuk penjadwalan kembali membantu debitur hingga yang bersangkutan dapat membayar angsuran sesuai dengan kemampuannya dan Bank tidak kehilangan asset. Program Restrukturisasi Bank BTN Syariah Pekanbaru dapat dikatakan cukup efektif karena meringankan nasabah yang tidak mampu melunasi tunggakan, dan pihak Bank tidak mengalami kerugian.

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jun 2020 02:58
Last Modified: 17 Jun 2020 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27267

Actions (login required)

View Item View Item