Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN HUMAS DALAM MEMBINA HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN PADA PT. PLN (PERSERO) WILAYAH RIAU KEPRI ULP (UNIT LAYANAN PELANGGAN) BANGKINANG

Irfan Tasbih, - (2020) PERAN HUMAS DALAM MEMBINA HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN PADA PT. PLN (PERSERO) WILAYAH RIAU KEPRI ULP (UNIT LAYANAN PELANGGAN) BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Irfan Tasbih Nim : 11443104564 Prodi : Ilmu Komunikasi Judul : Peran Humas Dalam Membina Hubungan Dengan Pelanggan Pada PT. PLN (Persero) Wilayah Riau Kepri Ulp (Unit Layanan Pelanggan) Bangkinang Humas memiliki peran eksternal dan internal demikian juga yang dilakukan humas PT. PLN (Persero) Wilayah Riau Kepri ULP (Unit Layanan Pelanggan) Bangkinang. Dalam konteks peran eksternal humas berperan menjalin dan memelihara hubungan yang harmonis antara masyarakat perusahaan sebagai pelanggan. Penelitian ini ingin menjawab bagaimana peran humas dalam membina hubungan dengan pelanggan pada PT. PLN (Persero) Wilayah Riau Kepri ULP (Unit Layanan Pelanggan) Bangkinang. Dengan menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif maka dipaparkan data hasil wawancara observasi dan dokumentasi hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membina hubungan dengan pelanggan humas PT. PLN (Persero) ULP (Unit Layanan Pelanggan) Bangkinang melaksanakan beberapa kegiatan yaitu :1). Humas memberikan ide dalam kegiatan sharing dan diskusi terkait dengan persoalan antara perusahaan dan pelanggan. 2). Humas berperan sebagai komunikator dan mediator terhadap keluhan pelanggan melalui aplikasi mobile sebagai media penghubung antara keduanya. 3). Humas berperan sebagai pengambil keputusan terhadap persoalan yang terjadi pada pelanggan melalui berbagai kebijakan yang bersifat informatif. 4). Humas berperan sebagai teknisi komunikasi dengan mengutamakan beragam media sebagai penghubung antara perusahaan dengan pelanggan seperti penyediaan call centre, penggunaan media sosial dan sarana informasi lainnya yakni spanduk, brosur dan lain-lain. Kata Kunci: Peran, Humas, Pelanggan, PLN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 15 Jun 2020 03:43
Last Modified: 15 Jun 2020 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27218

Actions (login required)

View Item View Item